Friday, December 17, 2021

Hi, how's it going? so this is the story about my endoscopy experience and a bit about what I suffered from. Januari 2020 tepatnya tanggal 23 gue menjalani pemeriksaan endoskopi yaitu meriksain dan ngeliat apa yang sebenernya terjadi di lambung gue dengan cara masukin semacam kabel / selang kecil yang ada kameranya ke dalam saluran pencernaan lewat mulut. Kenapa emangnya? dari SMP gue sering ngerasa perut gue sakit, perih, panas dan muntah-muntah cuman masih bisa gue handle dan masih mempan disembuhin pake obat-obat yang ada di apotek, kalo diliat sih itu gejala maag. Bom nya adalah pas gue kuliah semester 5 tahun 2017, gue inget banget waktu itu sekitar bulan April gue masuk UGD 4x dalam 1 bulan, bahkan sempet masuk UGD 2x dalam seminggu. 

Pas itu gue sempet periksa sama internist di RS. Bethesda, hasil pemeriksaan dokternya adalah gastritis, waktu itu gue di USG karna takutnya sakit perutnya karena ada masalah di organ lain tapi hasil USG nya bagus semua. Disaranin endoskopi tapi gak sempet karna gue lagi sibuk-sibuknya di kampus. Tahun 2018 pun masih sering kumat tapi gak sesering itu ke UGD, karna udah lebih bisa ngontrol diri kalo kumat. Menurut dokter gue penyebabnya lebih ke makanan dan lifestyle (begadang, etc) dan setelah itu nyokap gue mulai bantu ngatur-ngatur makanan dan minuman yang gue konsumsi. Saat itu gue bener-bener pilih-pilih makan, gak makan pedes dan asam, gak makan makanan yang bumbunya pekat, gak jajan kopi, udah gitu gak boleh makan mie instan tapi gue pernah saking pengennya makan mie instan, nyokap gue bikinin mie instan tapi bumbunya dikit banget jadinya gak berasa tapi lumayan lah hahaha

Makanan gue udah diatur banget gaboleh ini itu, mau makan macem-macem aja gue harus ijin nyokap boleh apa nggak tapi selama setahunan itu (2017-2018) masih aja sering masuk UGD karna kumat terus. Dokter gue sempet bilang kalo stress juga memicu naiknya kadar asam lambung dan bikin perut gue kumat, pokoknya kalo udah kumat udah deh gangerti lagi gue sampe nangis-nangis apalagi kalo kumatnya tengah malam. Setelah gue lulus kuliah gue jarang kumat, berarti bisa dibilang kalo gue stress pas jaman ngerjain kompre dan skripsi. Gue orangnya kinda perfectionist dan detail, kompre dan skripsi gue bener-bener gue pastiin bener isi dan penulisannya sampe gak ada yang typo tapi ternyata gak selamanya being perfectionist itu baik dan sehat malah bisa bikin kepikiran, insecure yang bisa memicu stress terus jadilah ngefek ke perut. Jujur sampe sekarang gue masih kesulitan ngontrol itu semua tapi gue tetep belajar dan nyoba.

Anyway pertengahan 2019 gue kumat lagi kali ini sampe dispepsia juga, super gak nyaman! Gue sampe 2x ke UGD. Sekitar bulan Agustus 2019 gue ke internist di RS Antam Medika, lagi-lagi dokternya menyarankan gue untuk endoscopy dan lagi-lagi juga gue masih sangat sibuk kali ini dengan kerjaan gue apalagi waktu itu gue lagi ada project yang harus gue kerjain se-perfect mungkin (*tetep ambis) jadinya kalo kumat ya gue cuman bisa minum obat, gitu terus.

Awal tahun 2020 gue udah niat banget buat periksa lagi ke internist, kali ini gue tanya sana sini tentang dokter yang bagus pokoknya yang oke banget (*masalah nyari dokter aja ambis) akhirnya gue ditemenin nyokap memutuskan untuk konsul sama dr. Agus Ludiro Waspodo, Sp.PD-KGEH, seorang dokter spesialis penyakit dalam (Gastroenterologi-Hepatologi) yang super senior banget deh pokoknya, gue periksa di RS Siloam Asri daerah Duren Tiga. Sekali konsultasi dan sampein keluhan-keluhan gue akhirnya dr. Agus menjadwalkan untuk endoscopy. Gue juga diresepin beberapa obat dan antibiotik dan saat itu gue juga diambil darah cukup banyak buat ditest. Setelah itu gue konsul ke bagian asuransi untuk memastikan kalo semua service dicover asuransi, akhirnya besoknya ditelpon kalo asuransi mengcover semua dan gue langsung daftar buat endoscopy lusa nya.

D-Day!
Gue dijadwalin endoscopy jam setegah 7 malam, dan gue harus udah puasa dari pagi sekitar jam 9. Hari H gue masih ngantor dan ijin setengah hari, pihak RS minta gue udah ke RS jam 2 karna masuknya One Day Care. Jam setengah 2 gue otw ke RS dari kantor, semua admin udah diurus mama yang duluan kesana. Sampe RS gue nunggu sambil kelaperan :( dan baru jam 4 gitu gue dianter ke kamar, gue langsung bersih-bersih dan ganti baju rumah sakit, terus tiduran dan dipasang infus, sumpahhh itu gue laper banget rasanya pengen makan all you can eat :")

Abis pasang infus dan lagi laper-lapernya

Dokter anestesi dateng dan meriksa ini itu dan briefing sebelum endoscopy, dokternya bilang akan dibius total, terus dokternya baru ngeliat gue pake kuteks dan disuruh hapus karna nanti bakal dipasang oxymeter di jempol tapi karna gue pake kuteks gel jadinya gabisa dihapus, tapi untungnya udah rompal juga jadi gak seluruh kuteksnya nutupin kuku dan ternyata masih bisa ngedetect juga. 
Akhirnya jam sekitar jam 6an gue dibawa ke ruang endoscopy, ruangannya dingin dan banyak alat ini itu gue ga paham, abis itu gue dipasangin EKG dan perawat nyuruh gue buat kek tidur miring kekiri. Nah abis itu gue disuruh gigit suatu alat biar mulut kita kebuka kayak kalo lagi pasang behel, nah itu untuk masung selangnya nanti. 
Part terbaik dan terkocak menurut gue adalah saat gue dibius total, dimasukin bius lewat infus dan karna gue baru kali ini dibius total gue pengen coba berontak dengan cara gue mau kuat-kuatin melek gitu hahaa, ehh si dokter anestesi kan dampingin gue disitu terus dia bilang kek "mulai bius ya, berdoa yaa" dokternya nyuruh berdoa yaudah gue tutup mata dan berdoa tapi abis itu gue udah halu gak sadar lagi anjir hahaa tapi kek enak banget kocak hahha..

Kelar endoscopy masih halu

Kayanya gak sampe 1 jam endoscopy nya udah selesai kan, abis itu gue dibangunin perawat dan bilang kalo udah selesai tapi kek gue buka mata tuh masih lemes halu gitu kek "haaa? gue dimana anjir? ini ngapain?" hahahaa, gak lama abis itu gue dibawa ke kamar dan dikasi makan dong anjir seharian kelaperan akhirnya makan juga.
Kelar makan gue masih nunggu administrasi dll, ini yang agak lama sih tapi ya sambil gue istirahat lah ya, kalo gak salah sekitar jam setengah 10 malam kelar dan abis itu gue boleh pulang. Beberapa hari kemudian disuruh balik untuk konsul lagi sambil ambil hasilnya, and you know whattt hasilnya bagus! memang ada kelihatan sedikit luka-luka dan radang cuman gak yang parah bener gitu. Komen dokternya gak banyak, dokternya masih bolehin gue makan mie instan tapi memang suruh jaga makan dan terutama lifestyle, jangan kecapekan kerja, jangan kebanyakan mikir! gue inget dokternya bilang "ini bagus ini hasilnya cuman luka dikit-dikit aja, kamu nih kebanyakan mikir ya? stress ini, apa sih yang dipikirin? relax aja yaa santai gausah dipikir2in banget, kan dunia berputar, kalo ada masalah atau apapun jangan dipikirin sendiri, cari lah teman untuk cerita dll dll" dan dijawab nyokap gue "iya dok jomblo ini anaknya" HAAAAA GAK NYAMBUNG MAM TOLONG! awkkwkw abis itu sebenernya dokternya menyarankan gue ke psikolog bahkan dia ngasih rekomen psikolog tapi dia bilang kalo belum sempat gue disaranin beberapa kegiatan salah satunya journaling, disuruh nulis kek nulis diary gitu-gitu dan pokoknya jaga lifestlye, hidup sehat lah. Akhirnya gue mencoba saran dari dokter buat coba ngontrol sendiri dulu gak langsung pergi ke psikolog.

Udah boleh balik, komuk masih beler halu

That's what's happening with me that day, oke ternyata gastritis gak cuman karna salah makan, pikirannnnn sangat mempengaruhi guys, stay healthy!


Cheers, 
missrara27

Sparkle of Pixie Dust . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates